- Back to Home »
- Mengenal, Menggunakan, dan Membuat Akun Email
Posted by : Thena
Kamis, 21 Januari 2016
Mengenal, Menggunakan, dan Membuat Akun Email
Mengenal Email
Electronic Mail (Email) adalah salah satu fasilitas atau aplikasi yang
paling banyak digunakan dalam internet. Konsep dasar email mirip dengan
surat pos biasa. Pengiriman surat konvensional membutuhkan waktu lama.
Berbeda dengan pos,email akan dikirimkan secara elektronik dalam waktu singkat jika tidak ada gangguan.
Email Berbasis Web
Email ini merupakan email yang banyak ditawarkan oleh berbagai situs seperti : Yahoo, Google, Hotmail.
Kelebihan email berbasis web yaitu :
1. Diberikan secara gratis (hanya butuh koneksi internet).2. Kita dapat membuka email dari mana saja kita berada.
3. Tidak memerlukan email client.
4. Kapasitas penyimpana email anda tergantung pada kapasitas server
Kelemahan email berbasis web yaitu :
1. Membutuhkan biaya koneksi internet.2. Saat mengakses email sambungan internet tidak boleh terputus, karena email hanya bisa diakses secara online.
3. Email menjadi sulit untuk diarsip. Hal itu karena email berada pada komputer server
4. Jika server mengalami masalah, email anda dapat rusak atau bahkan hilang begitu saja.
Cara Membuat Email
1.) Aktifkan web browser, lalu ketik www.gmail.com pada address bar, kemudian tekan Enter pada keyboard.
2.) Klik Buat Akun.
3.) Isi formilir dengan lengkap.
4.) Setelah semua form diisi dengan lengkap, Masukan kode captcha sesuai gambar yang muncul.
5.) Tandai pada pilihan I agree to the Google terms of service and Privacy Policy
6.) Klik tombol I accept Create My Account (Saya menerima, buat akunku).
7.) Jika email yang anda buat berhasil, pada layar monitor akan muncul halaman email anda.
2. Membuka Email
1.) Buka web browser lalu ketik alamat URL Gmail www.gmail.com , hingga tampil halaman depan Gmail. Masukan Username dan Password lalu klikSign in. 2.) Jika Username dan Password benar, maka akan tampil inbox anda.
3.) Untuk membuka atau membaca email yang masuk klik pada judul emailyang ditunjukkan oleh teks yang berwarna biru.
3. Membuat dan Mengirimkan Email
1.) Sign In terlebih dahulu untuk membuka email
2.) Setelah anda dapat membuka email, lalu klik tombol Compose Mail hingga tampil jendela pembuatan mail
3.) Ketikkan alamat email penerima dan subjek/judul dari email yang akan anda kirim. Kemudian ketikkan isi surat email
Keterangan :
· To : diisi dengan alamat email tujuan, , missal ekopurworejo@gmail.com. Dapat juga mengirim lebih dari satu alamat email yang dipisahkan dengan tanda koma (,)
· CC (Copy Carbon) :
diisi dengan alamat email dari orang yang perlu menerima tembusan email
yang dikirim. Daftar alamat email ini akan muncul, sehingga penerima
tahu siapa saja yang menerima email tersebut. Kolom ini dapat
dikosongkan.
· BCC (Blind Copy Carbon) : diisi dengan alamat
email dari orang yang perlu menerima tembusan email yang dikirim, namun
alamat email tidak akan ditamapilkan sehingga penerima tidak tahu siapa
saja yang menerima email tersebut. Kolom ini dapat dikosongkan.
Subject : diisi dengan judul, maksud, atau tema surat yang akan dikirim.
4.) Bila telah selesai klik Send untuk mengirim pesan tersebut.5.) Bila pengiriman email berhasil, maka akan ada pemberitahuan bahwa email sudah dikirim.
4. Melampirkan File
1.) Pada halaman email, klik Compose Email, ketik tujuan email dan topiknya.2.) Jika ingin menambahkan lampiran (attachment), klik browser dan pilih file yang akan anda lampirkan.
3.) Setelah memilih file yang akan di lampirkan, klik .
5. Men-download File Attachment
1.) Bukalah email yang mempunyai lampiran file.
2.) Untuk Men-download file, klik tulisan Scan and download yang ada samping gambar. Kemudian akan muncul kotak dialog, pilh Save File untuk menyimpan file tersebut atau pilih open with agar file dapat langsung terbuka begitu proses download selesai
Sumber : http://karangmedain.blogspot.co.id/